Posted by: Indonesian Children | August 5, 2009

Belajar Inggris dengan Lagu Anak

Yogyakarta, Kompas – Lagu anak-anak yang telah dikenal secara luas menjadi media pembelajaran Bahasa Inggris yang mudah dan menyenangkan. Penggunaan metode ini bertujuan agar anak-anak tidak lagi takut belajar bahasa Inggris.

Metode yang disebut Chengsong atau Children English Song ini dikembangkan oleh mahasiswa peserta Program Kreativitas Mahasiswa Mandiri (PKMM) dari Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.

Ketua PKMM Wulan Asriningrum mengemukakan, Chengsong adalah lagu anak-anak yang liriknya diubah menjadi materi pelajaran Bahasa Inggris yang sederhana. Dengan irama yang telah mereka kenal baik, anak-anak diharapkan dapat menghafal dan memahami kosakata bahasa Inggris tersebut dengan lebih mudah.

Hingga saat ini terdapat 10 buah lagu yang telah dibuat dalam bentuk Chengsong, di antaranya lagu Balonku menjadi My Fingers dan Naik-naik ke Puncak Gunung menjadi My Body. Keduanya berisi materi untuk mempermudah anak-anak menghafalkan nama jemari dan anggota tubuh dalam bahasa Inggris.

Ada pula lagu Satu Satu yang diubah menjadi One on One, Heli menjadi Fried Rice, dan Potong Bebek Angsa menjadi Sport. “Lagu-lagu ini telah kami rekam sehingga bisa digunakan dalam pelatihan nanti. Selain itu, kami juga melengkapinya dengan modul latihan dan kamus khusus anak-anak,” ujar Wulan, sebelum acara pembukaan “Pelatihan Bahasa Inggris untuk Anak-anak dengan Memanfaatkan Chengsong” di Dusun Jamprit, Panjangrejo, Pundong, Bantul, Minggu (29/3).

Sasaran daerah pedesaan

Pelatihan di daerah pedesaan sekitar Pantai Parangtritis tersebut adalah pelatihan yang pertama kali dilakukan. Jumlah peserta 43 anak dengan usia 6-12 tahun. Pelatihan akan berlangsung selama 12 kali, mulai 29 Maret hingga 25 April.

Menurut Wulan, daerah pedesaan di sekitar pantai wisata Parangtritis tersebut dipilih karena masih rendahnya kemampuan berbahasa Inggris anak-anak di daerah tersebut. Padahal, penguasaan bahasa Inggris merupakan keterampilan yang sangat diperlukan di daerah wisata ini.

Wulan mengutarakan, bagi sebagian anak-anak di pedesaan, pelajaran Bahasa Inggris masih asing dan menakutkan. Hal ini karena akses anak-anak di daerah pedesaan masih sangat minim terhadap media berbahasa Inggris.

Selain itu, pelajaran Bahasa Inggris belum mendapat prioritas di sekolah. “Menurut penelitian yang kami lakukan sebelumnya, pelajaran Bahasa Inggris di daerah sini belum berkembang. Pelajaran kelas I sampai VI tidak banyak bedanya.

sumber : kompas.com

Provided by
POEMS AND SONGS FOR CHILDREN

Yudhasmara Foundation

email : judarwanto@gmail.com

http://poemforchildren.wordpress.com/

 

Editor in Chief :

Dr Widodo Judarwanto

 

 

 

Copyright © 2009, Poems for Children   Network  Information Education Network. All rights reserved.

About these ads

Responses

  1. EnglisHour.Co.CC
    English at Your Mouse Clicks! English Help with Native Speakers! The Fast Track to Learn English! The Linguistic Skills Builder.

  2. Hello, saya wulan, mahasiswi Pend Bhs Inggris UNY yang kebetulan dulu sempat mengadakan Pelatihan Bhs Inggris untuk anak-anak dengan memanfaatkan “Chengsong” yang di danai oleh dikti. Alhamdulillah pelatihan ini berjalan lancar, dan hasil yang dicapai cukup memuaskan. Ternyata lagu “chengsong” yang mudah diingat membantu anak-anak dalam menghafalkan. Pada bulan Juli 2009 kemarin PKMM Chengsong ini lolos PIMNAS 2009, akantetapi belum berhasil medapat juara. Pada saat PIMNAS banyak yang berminat membeli CD “Chengsong: kami, akantetapi kendala perizinan beredar dan kesulitan mendapatkan sponsorship membuat kami tidak bisa mengedarkannya. Mungkin ada yang berminat untuk membantu, kami sangat berbahagia. Selain CD “Chengsong” yang berisi 10 lagu, kami juga membuat kamus bergambar sederhana, dan modul yang disesuaikan dengan tema pada lagu, yang meliputi aspek skill listening, speaking, reading dan writing. Atas perhatiannya kami ucapkan terimakasih.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: