Posted by: Indonesian Children | August 5, 2009

Anak Jalanan Tolak Perda Lewat Lagu

Lewat musik dan lagu yang diciptakan, anak jalanan berupaya melakukan resistensi diberlakukannya Peraturan Daerah DKI Jakarta Nomor 8 Tahun 2007 mengenai Ketertiban Umum. Alasan para anak jalanan ini menolak adalah pemerintah tidak punya solusi mengatasi masalah.Tri (31), mantan anak jalanan yang sekarang sudah berwirausaha di Yogyakarta, Sabtu (17/11) dalam Festival Musik Anak Jalanan di Gelanggang Remaja, Jakarta, mengatakan, pemerintah tidak memberikan solusi dalam setiap kebijakan yang memberatkan rakyat miskin.

“Tidak semua anak jalanan bertindak kriminal. Sama halnya dengan tidak semua pemerintah jahat. Yang penting buat kami adalah penegakan hukum yang jelas. Yang salah ya dihukum, mau kaya atau miskin. Tetapi selama ini, kenyataannya, yang miskin selalu dalam posisi yang lemah. Kami seperti diusir, dilarang mencari uang. Padahal, pemerintah juga tidak memberi penyelesaian apa-apa,” lanjut Tri.

Pernyataan itu senada dengan Ade (25), pemerintah tidak memberi solusi jika pekerjaan mengamen tidak diperbolehkan. Selama ini jika tertangkap petugas dinas ketenteraman dan ketertiban, ia harus membayar Rp 250.000 untuk dapat dibebaskan. Setelah itu, Ade pun mengamen lagi.

“Uangnya habis buat bayar denda. Kalau begitu terus, kami ya hanya kejar-kejaran dengan petugas. Sementara mau cari pekerjaan lain sulit,” tutur Ade yang setiap malam tidur di emperan toko di Cikarang.

Gugun Mohammad (24), Committee Organizer Urban Poor Consortium yang menyelenggarakan festival itu, menyebutkan, misi kegiatan ini tidak lain untuk mewujudkan eksistensi anak jalanan, yaitu mereka juga berhak hidup di Jakarta.

Lain lagi pendapat Sutawijaya, Kepala Seksi Resosialisasi Tunawisma Tunakarya Dinas Bina Mental dan Kesejahteraan Sosial, yang mengatakan anak jalanan yang berada di tempat-tempat umum di Jakarta dapat mengganggu ketertiban umum.

 

sumber ; kompas.com

Provided by
POEMS AND SONGS FOR CHILDREN

Yudhasmara Foundation

email : judarwanto@gmail.com

https://poemforchildren.wordpress.com/

 

Editor in Chief :

Dr Widodo Judarwanto

 

 

 

Copyright © 2009, Poems for Children   Network  Information Education Network. All rights reserved.

 


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: