Posted by: Indonesian Children | August 5, 2009

Lagu Pop Menyingkirkan Lagu Anak-anak


 

 

Ingat lagu yang dinyanyikan ibu kita dulu saat kita ingin tidur? Seperti Nina bobo, Pok Ame-ame, Pelangi, Bintang Kecil, dsb. Lagu tersebutnya sepertinya semakin terlupakan oleh orang-orang tua saat ini. Anak-anak kecil lebih akrab lagu-lagu pop atau lagu-lagu film di televisi. Hal ini ternyata juga terjadi di Inggris.

Lagu-lagu anak-anak berada dalam kondisi terlupakan karena orangtua mereka lebih memilih menyanyikan lagu pop ketimbang lagu-lagu anak-anak.

Pernyataan ini diambil dari sebuah survei yang dilakukan oleh Ian Davidson dari lembaga survei pollster MyVoice.  Survei tersebut melibatkan 1200 pasang orangtua yang memiliki anak-anak yang berusia 12-36 bulan. Hasil yang didapat pun cukup mengejutkan. Sebanyak 40% dari responden tersebut mengaku tidak bisa menyanyikan lagu-lagu anak. Lalu 44% lainnya mengaku memilih menyanyikan lagu-lagu pop atau jingle acara televisi. Tapi meskipun begitu tiga per empat dari seluruh responden setuju bahwa menyanyikan lagu untuk anak adalah salah satu cara untuk mengajari si anak belajar membaca. Beberapa lagu anak yang masih popular adalah Jack and Jill, Humpty Dumpty, dan Ring a Ring O’ Roses.

Melihat dari hasil survei tersebut, Ian berpendapat turunnya frekuensi orangtua menyanyikan lagu-lagu anak untuk anak-anak mereka disebabkan karena persaingan. “Semua ini terkait dengan semakin banyak pilihan. Mungkin lagu-lagu tersebut selalu diingat untuk sebagian orang, namun saat ini budaya pop membuat lagu-lagu ini semakin tersingkir dan tidak bisa berkompetisi,” demikian penuturan Ian.

Janine Spencer, seorang psikolog perkembangan dari Universitas Brunel, London Barat berpendapat isyu ini cukup memprihatinkan karena lagu anak-anak memiliki nilai pendidikan yang cukup tinggi. “Lagu-lagu ini tidak hanya sarat dengan sejarah dari kebudayaan masyarakat, tapi ketika Anda menyanyikannya untuk anak Anda, Anda dapat membantu meningkatkan kemampuan komunikasi, ingatan, berbicara dan membaca mereka,” ujar Janine. Lalu, bagaimana dengan Indonesia?

sumber : http://www.conectique.com/

Provided by
POEMS AND SONGS FOR CHILDREN

Yudhasmara Foundation

email : judarwanto@gmail.com 

https://poemforchildren.wordpress.com/

 

Editor in Chief :

Dr Widodo Judarwanto

 

 

 

Copyright © 2009, Poems for Children   Network  Information Education Network. All rights reserved.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: