Posted by: Indonesian Children | August 5, 2009

PESAN MBAH SURIP UNTUK ANAK INDONESIA : KESEDERHANAAN TERNYATA BISA MERAIH SUKSES

 

 

SUKSES MBAH SURIP BUKAN SEKEDAR KESEDERHANAAN

dr Widodo Judarwanto SpA 

“Tak gendong, kemana-mana”. Siapa sangka lirik dan lagu yang demikian sederhana bisa menjadi hit dimana-mana. Siapa sangka mbah surip yang sederhana, polos, tidak materialistis dan  tidak ambisius bisa jadi orang yang paling dibicarakan akhir-akhir ini. Justru dalam puncak kepopuleran itu mbah Surip yang banyak dicintai ini harus dipanggil sang kuasa.

Profil kesederhanaan ini adalah ilham yang kaya untuk dianalisa dan dipergunjingkan siapa saja. Memang tangan Tuhan yang berkedok sebagai nasib tidk bisa dipungkiri ikut punya kontribusi. Tampaknya skenario hidup yang disutradarai pencipta ini mungkin ada maksud tertentu yang dapat direnungkan oleh manusia. Bagaimana segala kesederhanaan itu bisa meraih puncak. Banyak orang dengan segala kesederhanaan hidup berada di populasi masyarakat. Namun, mengapa mbah Surip jadi orang yang terpilih untuk dijadikan sebuah fenomental.

 Bukan sekedar kesederhanaan

Kesederhanaan dalam bentuk apapun sering dianggap tidak berbanding lurus dengan kesuksesan dalam hidup. Dengan berbagai ukuran ilmiah ini yang masih dianut sebagai ukuran kesuksesan adalah usia produktif, kualitas penampilan, canggihnya ide dan pemikiran atau segala bentuk kecerdasan. Jiwa professionalitas dalam menejemen modern seperti disiplin, efisien, efektif, atau produktivitas tinggi, mubgkin tidak akan pernah terpikir oleh mbah Surip dalam berproduksi seni.

Tetapi mengapa fenomena baru dalam jagad ini muncul. Ketika kesederhanaan ide malah membuat booming industri musik. Sulit diterima logika sehat ketika orang kecil yang pernah menggelandang diterminal blok M dengan dengan jiwa seni yang sederhana dalam sekejap bisa menjadi orang besar. Tidak bisa diterima nalar, manajemen “hidup gila” ala mbah Surip seperti  minum kopi berpuluh gelas, merokok berpak-pak, hidup tak beratap rumah sendiri, makan atau tidur tidak berjadwal bisa menjadikan orang besar dinegeri ini.

Tampaknya tanda alam yang sedang disutradai Tuhan ini harus ditangkap secara cerdas. Kesuksesan sang super star ini tampaknya bukan sekedar kesederhanaan. Kesederhanaan yang dibungkus kecerdasan moral tampaknya sangat berperanan dalam menggapai segala keinginan yang sulit untuk dipercayai.

Masyarakat akan sulit menilai kualitas aktifitas spiritual mbah Surip. Terlepas dari itu, kecerdasan moral yang tampak dari wajah polos beliau  adalah ketulusan dan kejujuran  dalam menghibur sesama. Banyak sedekah  dalam harta dan jiwa kepada teman seniman dan lingkungan dimana mbah Surip pernah menggelandang adalah kekuatan dalam kehidupan sosialnya. Harta bukan sebagai dewa dalam kehidupannya juga akan menjadi kekuatan moral dalam kesuksesannya. Niat baik dan berpikir positif terhadap semua orang, adalah sikap beliau yang sering diceriterakan sahabatnya tampaknya sebagai kekuatan sukses dalam kehidupannya. Kecerdasan bermoral dalam bermusik inilah yang menjadi rahasia mengapa karya musiknya menjadi berbobot di telinga banyak penikmat musik Indonesia. Ternyata ketulusan berkarya dirindukan oleh masyarakat luas. Justru sikap imaterilistik dari sosok mbah Surip malah mendatangkan miliaran rupiah.

Mbah Surip bukan terlahir tua, dimana kesuksesan baru muncul dalam akhir hayatnya. Dibalik kesederhanaan itu kerja keras, tekun dan tidak berputus asa adalah modal dalam hidupnya untuk menggapai ketenaran. Hal itu jelas terpancar dari riwayat hidupnya yang penuh kekerasan. Bayangkan untuk menggapai mimpinya ke Jakarta sosok sederhana itu harus mengayuh sepeda dari Surabaya ke Jakarta. Meskipun pernah hidup sebagai pekerja di Amerika, mbah Surip dengan tekun dan tidak berputus asa harus mengelandang di Blok M dan pasar seni Ancol sebelum meraih suksesnya.

Cerita satu babak yang dipertontonkan mbah surip menunjukkan bahwa sukses adalah rancangan Tuhan, jadi jangan pernah menyerah untuk  meraih sukses yang disediakanNya. Sukses butuh campur tangan Tuhan karena masa depan kita ada di tanganNya.Ketenaran tidak datang begitu saja, tidak hanya dengan berdoa tetapi  disertai dengan bekerja. Menjadi milyader selalu diawali dengan langkah belajar, jangan pernah  menyerah selama proses belajar itu. Langkah itu butuh perjuangan,kerja keras, kerajinan dan ketekunan. Orang berjiwa sukses tidak suka mengeluh tapi berusaha selalu untuk  memperbaiki keadaannya. Akhir hidup mbah Surip akan menjadi inspirasi bagi manusia yang tidak percaya diri. Bahwa sukses itu tidak hanya menjadi bagian segelintir orang, tapi menjadi  hak setiap orang yang mau berjuang untuk mendapatkannya.  Menjadi orang besar akan diawali dari mimpi, hasrat dan harapan.  Tapi bukan sekedar bermimpi untuk menjadi sukses, harus mulai  bertindak, walaupun itu hanya sebuah langkah kecil.

 

 

Sumber inspirasi

Kesuksesan manusia di dunia ini membutuhkan waktu, cara,  dan jalan yang mungkin berbeda. Jangan menjadikan ketenaran mbah Surip menjadi silau bagi mimpi setiap manusia. Untuk meraih ketenaran yang luar biasa sulit untuk meniru strategi mbah Surip. Be your self, jadikan kemampuan sendiri dengan mengambil filosofi dan inspirasi positif hidup mbah Surip.

Sulit untuk menjadikan inspirasi “kehidupan gila” ala mbah Surip sebagai sumber kesuksesan.  Karena, Mbah Surip adalah manusia pilihan yang mungkin hanya Tuhan saja yang tahu. Sumber inspirasi yang bisa dijadikan pelajaran hidup ini yang bisa ditranfer dari mbah Surip adalah kecerdasan moral dan kerja keras. Kombinasi tersebut tampaknya mengajarkan manusia menjadi alat ampuh dalam menggapai puncak prestasi dalam persaingan hidup yang semakin menjauh dari nilai moral. Kecerdasan moral itu akan akan mengalahkan strategi menghalalkan segala cara untuk menggapai sukses. Kecerdasan moral dalam berkarya harus menggantikan ketidak jujuran, korupsi, katabelece, mendewakan harta, mengabaikan pertemanan, persaudaran dan kesetiakawanan atau moral buruk lain dalam berprestasi.’

Moralitas merefleksikan kualitas hidup seseorang. Jika terjaga, terasah dan terbina dengan baik maka akan dihormati dan disegani untuk menjadi manusia besar. Seseorang akan lebih dipercaya jika memiliki moral yang baik dan peluang untuk meraih sukses akan semakin besar. Sukses yang berdampak kebahagiaan adalah sukses yang telah terbebas dari kecemasan dan ketakutan berkarya. Sukses ini, diraih dengan pengembangan pontensi diri, selalu percaya diri, mau belajar, jujur, memiliki moral yang baik, sabar dan bertindak di jalan benar.

Kecerdasan moral yang dipertontonkan sang maestro itu adalah kejujuran dan niat tulus dalam berkarya. Ternyata kesederhanaan dapat menjadikan modal kesuksesan bagi seorang yang jenius dalam moralitas. Selamat jalan, mbah. Suksesmu adalah sumber inspirasi yang tiada tara yang menyadarkan manusia dari kemunafikan. Kejeniusan moral dalam berkarya, ternyata menggendong  mbah menjadi seorang super star dalam filosofi kehidupan.  Tak gendong, kemana-mana, enak dong, mau dong …

  

 

 

 

 

artikel terkait

1.http://www.facebook.com/note.php?saved&&suggest&note_id=137826873688#/note.php?note_id=137826873688&ref=mf

2.http://www.wikimu.com/News/DisplayNews.aspx?id=15031

 

 

Provided by
SAVE  OUR CHILDREN

Yudhasmara Foundation

JL TAMAN BENDUNGAN ASAHAN 5 JAKARTA PUSAT, JAKARTA INDONESIA 10210

PHONE : (021) 70081995 – 5703646

email : judarwanto@gmail.com 

http://saveindonesianchildren.wordpress.com/

 

 

Clinical and Editor in Chief :

DR WIDODO JUDARWANTO 

email : judarwanto@gmail.com,

 

 

 

 

Copyright © 2009, Save The Children  Indonesia  Network  Information Education Network. All rights reserved.


Responses

  1. saya turut berduka cita atas meninggalnya mbah surip,semoga beliau di terima di sisi-Nya,,amin

  2. […] https://poemforchildren.wordpress.com/2009/08/05/pesan-mbah-surip-untuk-anak-indonesia-kesederhanaan-… […]


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: